PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KAJIAN KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION)

Main Article Content

Efi Nurhayati
MTs Miftahul Huda Kalipucang Jatibarang Brebes

Peningkatkan Hasil Belajar Ips Terpadu Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Model Kajian Kelompok (Group Investigation) Pada Siswa Kelas Ix A Mts Miftahul Huda Kalipucang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023


Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Kajian Kelompok
Afandi, Muhamad. (2014). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian tindakan kelas untuk guru.

Arifuddin, Muhammad. (2018). Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ipa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 130–141.

di SMP Negeri, Guru, & Barat–Indonesia, Taliwang Kabupaten Sumbawa. (n.d.). Efforts to Increase Participation and Social Studies Learning Outcomes through Cooperative Learning Approach Model Group Investigation Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar IPS melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigatio.

Ekawarna, Ekawarna, Salam, M., & Anra, Yusdi. (2021). Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 52–62. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13805

Ghani, Abd, & Ali, Moh. (2022). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(01), 18–31. https://doi.org/10.36420/eft.v2i01.104

Inah, Ety Nur. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167.

Khoiriah, Tuti. (2015). Strategi pembelajaran metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan pada manusia. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 177–180. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.36241

Pratiwi, Dwi, Suendarti, Mamik, & Hasbullah, Hasbullah. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 1–14. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5083

Rokhmah, Shofwatun. (2023). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Jual Beli Dikelas Ix-F Mts Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(1), 16–27. https://doi.org/10.36418/jcs.v2i1.179

Sudjana, Nana. (2021). Dasar dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Suradi, Ahmad. (2018). Pendidikan Berbasis Multikultural dalam Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Globalisasi. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 111–130. 10.21580/wa.v5i1.2566

Susilawati, Elia. (2022). Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Model Pendekatan Kooperatif Kelompok (Group Investigation) di SMP Negeri 1 Paseh Kabupaten Sumedang. BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH, 5(1).

Syaharuddin, Syaharuddin, & Mutiani, Mutiani. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Zingaro, Daniel. (2008). Group investigation: Theory and practice. Ontario Institute for Studies in Education, Toronto, Ontario, 7.