Optimalisasi Strategi Penjualan Melalui Penerapan Total Quality Management pada UMKM Eito Japanese Curry

Main Article Content

Marni Hutasoit
Universitas Bin Sarana Informatika, Indonesia
Lelli Faujiah Siregar
Universitas Bin Sarana Informatika, Indonesia
Maulidya Fhatimah Hidayat
Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
Muhammad Dafa Syahrulli
Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
Sari Silitonga
Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
Syeh Karisman
Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia

Menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, UMKM dituntut untuk meningkatkan daya saing dengan memaksimalkan kualitas produk dan layanan. Studi kasus dilakukan pada UMKM Eito Japanese Curry yang menghadapi tantangan dalam pengelolaan operasional, penjualan, dan sistem pembayaran yang kurang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi penjualan UMKM Eito Japanese Curry melalui penerapan Total Quality Management (TQM). Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini mengumpulkan data melalui wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen untuk mengevaluasi pengaruh TQM terhadap efisiensi operasional, dampak kelemahan sistem pembayaran dan aplikasi kasir pada target penjualan, kontribusi dan hambatan strategi penjualan saat ini, serta faktor penyebab penolakan tester dan dampaknya pada pencapaian target penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM dapat meningkatkan efisiensi operasional melalui perbaikan berkelanjutan pada kualitas produk, pelayanan pelanggan, proses bisnis, dan strategi pemasaran yang inovatif. Rekomendasi diberikan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya, memperbaiki sistem pembayaran dan aplikasi kasir, merancang strategi penjualan yang lebih sesuai dengan preferensi pelanggan, serta mengidentifikasi faktor penolakan tester untuk meningkatkan penjualan.


Keywords: Total Quality Management, Optimalisasi Strategi Penjualan, Efisiensi Operasional, UMKM, Eito Japanese Curry
Afiari, R. U. (2020). Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Keunggulan Bersaing Di Lagani Coffee Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Ahmatang, A., Hasanuddin, N. M., & Karunia, E. (2022). Implementasi dan efektivitas manajemen kualitas pada umkm olahan laut kota Tarakan. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 24(4), 688–702.

Ariodutho, S., Zahron, A. R., & Hendrawan, T. D. (2022). Strategi Inovatif Manajemen Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Masarin, 1(2), 89–99.

Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & Susilo, B. (2018). Pengembangan UMKM antara konseptual dan pengalaman praktis. Ugm Press.

Chaerunisak, U. H., & Aji, A. W. (2020). Penerapan Total Quality Management Terhadap Dampak Kinerja Manajerial dan Laba Perusahaan pada UMKM Yogyakarta. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(1), 10–14.

Fatchurochman, N. A. (2022). Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus: Umkm Makanan Di Kabupaten Temanggung).

Fatimah, F., Ramadhanita, M. W., & Sofianto, M. (2020). PKM Optimalisasi UMKM Car Body Paint Berbasis Total Quality Management dan Inovasi Strategi Pemasaran. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 77–82.

Karjuni, A., & Susliawati, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(2), 163–177.

Kurnialis, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus: Umkm Bakery Dikecamatan Bengkalis-Bantan Kabupaten Bengkalis). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Laoli, M. W., Mendrofa, M. S. D., Harefa, I., & Baene, E. (2024). Analisis Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Kualitas Produk pada Percetakan Delaux Paper di Gunungsitoli. Journal on Education, 6(3), 17863–17871.

Nengsi, N. S. W. (2021). Pengaruh Tqm, Sistem Pengendalian Internal, Sistem Penghargaan Dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 1(2), 86–101.

Nurmansyah, A. A. H., Siddha, A., Soebagyo, A., & Rachmat, A. N. (2023). Optimalisasi Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 7–13.

Pancawati, N. L. P. A. (2022). Total Quality Management Dan Biaya Mutu: Meningkatkan Daya Saing Melalui Kualitas Produk. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(2), 185–194.
Qomarudin, A., Fitriyah, H., & Hermawan, S. (2023). Implementasi Keberhasilan Sistem Manajemen Mutu Terpadu Hazard Analysis and Critical Control Point Melalui Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10(1), 37–44.

Rahmawati, D., Purwohedi, U., & Prihatni, R. (2022). Pengaruh TQM Terhadap Kinerja UMKM dengan Mediasi Keunggulan Bersaing. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 3(2), 289–312.

Ross, J. E. (2017). Total quality management: Text, cases, and readings. Routledge.

Sandra, N. N. (2017). Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Budaya Kualitas Dan Kinerja Keuangan Umkm Di Surabaya. STIE PERBANAS SURABAYA.

Setiawan, N. (2021). Determinasi motivasi kerja dan kinerja pegawai: total quality management dan gaya kepemimpinan (literature review manajemen sumberdaya manusia). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(3), 372–389.

Sumasto, F., Safril, S., Imansuri, F., & Wirandi, M. (2022). Penerapan Manajemen Kualitas Terpadu Pada Industri Makanan Skala Mikro, Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Umkm Nasi Goreng). Jurnal Penelitian Dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI).

Wibowo, A. P. (2020). Pengaruh Penerapan Total Quality Management (Tqm) Dan Quality Management Information (Qmi) Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan (Studi Pada Umkm Industri Kerajinan Kulit Di Kota Yogyakarta).