Evaluasi Pelatihan Ekspor dengan Media E-Commerce Alibaba kepada Supplier Agree
Main Article Content
Agree adalah salah unit usaha milik PT Telkom Indonesia yang bergerak dalam bidang pertanian dan sudah bekerja sama dengan lebih dari 250 perusahaan agribisnis. Penelitian ini memiliki tujuan dengan berfokus kepada evaluasi untuk melihat efektivitas dan kompetensi peserta dari pelatihan yang sudah dilakukan menggunakan model evaluasi CSE-UCLA (Center for the Study of Evaluation-University of California in Los Angeles) yang mengukur dari dimensi sistem assessment, program planning, program implementation, program improvement, dan program certification. Penelitian ini menggunakan metode mix method kualitatif dan kuantitatif dilengkapi data sekunder serta data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas materi dan kompetensi peserta masuk ke dalam kategori baik, namun terdapat kendala pada operasionalisasi akun Alibaba dimana perusahaan peserta pelatihan ekspor tidak memiliki sumber daya manusia yang selalu siap siaga dalam operasionalisasi akun Alibaba.
Agree adalah salah unit usaha milik PT Telkom Indonesia yang bergerak dalam bidang pertanian dan sudah bekerja sama dengan lebih dari 250 perusahaan agribisnis. Penelitian ini memiliki tujuan dengan berfokus kepada evaluasi untuk melihat efektivitas dan kompetensi peserta dari pelatihan yang sudah dilakukan menggunakan model evaluasi CSE-UCLA (Center for the Study of Evaluation-University of California in Los Angeles) yang mengukur dari dimensi sistem assessment, program planning, program implementation, program improvement, dan program certification. Penelitian ini menggunakan metode mix method kualitatif dan kuantitatif dilengkapi data sekunder serta data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas materi dan kompetensi peserta masuk ke dalam kategori baik, namun terdapat kendala pada operasionalisasi akun Alibaba dimana perusahaan peserta pelatihan ekspor tidak memiliki sumber daya manusia yang selalu siap siaga dalam operasionalisasi akun Alibaba.
Bahtiar, Rais Agil. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia]. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 11(1), 13–25.
Budiarto, Rachmawan, Putero, Susetyo Hario, Suyatna, Hempri, Astuti, Puji, Saptoadi, Harwin, Ridwan, M. Munif, & Susilo, Bambang. (2018). Pengembangan UMKM antara konseptual dan pengalaman praktis. Ugm Press.
Divayana, Dewa Gede Hendra. (2014). Development of duck diseases expert system with applying alliance method at bali provincial livestock office. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 5(8).
Fitri, Winda. (2022). Pengaruh integritas perbankan syariah sebagai sektor keuangan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia pada masa pandemi. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 8(1), 317–333.
Fuad, Sayed Haikal. (2023). Pengaruh Latar Belakang Negara Asal Terhadap Produk Asing Di Pasar Global. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 1(1), 504–513.
Hasid, H. Zamruddin, SE, S. U., Akhmad Noor, S. E., SE, M., & Kurniawan, Erwin. (2022). Ekonomi sumber daya alam dalam lensa pembangunan ekonomi. Cipta Media Nusantara.
Kebudayaan, Prosiding Seminar Nasional Politik D. A. N. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Politik Dan Kebudayaan-ilovepdf-compressed. pdf.
Lovita, Erna, & Susanty, Febyana. (2021). Peranan Pemahaman E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Bagi Kewirausahaan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(2), 47–54.
Muhardono, Ari. (2018). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Peningkatan Penjualan dan Daya Saing Usaha Pada UMKM (Studi Kasus di HF Batik Putra Wiradesa). Jurnal Surya Informatika, 5(1), 17–23.
Nurhayatul, Husna. (2015). Evaluasi pelaksanaan program pelatihan kerja unit pelaksana teknis dinas balai latihan kerja (UPTD BLK) payakumbuh. UNIVERSITAS ANDALAS.
Romadi, Ugik, & Warnaen, Andi. (2021). SISTEM PENYULUHAN PERTANIAN “Suatu Pendekatan Penyuluhan Pertanian Berbasis Modal Sosial Pada Masyarakat Suku Tengger” (Vol. 1). Tohar Media.
Ulum, Mochamad Chazienul, & Anggaini, Niken Lastiti Veri. (2020). Community empowerment: teori dan praktik pemberdayaan komunitas. Universitas Brawijaya Press.
Widoyoko, S. Eko Putro, & Putro, Eko. (2013). Optimalisasi peran guru dalam evaluasi program pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 22(2), 177–186.
Widyawati, Rika. (2017). Evaluasi pelaksanaan program inklusi sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109–120.