Laporan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Workshop Pembuatan Wayang Kancil : Bahan Kardus Bekas Di TPA Al-Barokah
Main Article Content
Laporan ini menguraikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dalam bentuk workshop pembuatan Wayang Kancil dari bahan kardus bekas, bertempat di TPA Al-Barokah, Tangkilan, Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Pelestarian budaya lokal dan pengelolaan limbah merupakan isu penting, baik secara global maupun lokal, sehingga workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan seni pembuatan wayang tradisional kepada masyarakat serta memanfaatkan bahan daur ulang. Kegiatan ini melibatkan peserta dari berbagai usia, yang diajarkan teknik dasar pembuatan wayang menggunakan kardus bekas, yang kemudian dikreasikan menjadi Wayang Kancil. Dengan pendekatan kualitatif dan partisipatif, workshop ini juga mengedukasi peserta mengenai pentingnya pengelolaan limbah dan kreativitas dalam memanfaatkan bahan yang tersedia. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme yang tinggi dari peserta, serta dampak nyata dalam memperkuat pelestarian budaya dan peningkatan keterampilan kerajinan tangan. Evaluasi menunjukkan bahwa peserta tidak hanya mendapatkan keterampilan baru, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya budaya lokal dan pengelolaan lingkungan. Kontribusi praktis dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi pengajar di TPA dalam menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan berkelanjutan.
Habibi, Muhammad Mujtaba, & AP, M. (2015). Revolusi Pendidikan Karakter Bangsa.
Herawati, Nanik. (2024). Persuasi Dan Janturan Dalam Pertunjukan Wayang Purwa. Prosiding Seminar Nasional Dan Internasional HISKI, 1, 120–137.
Ibda, Hamidulloh. (2017). Media Pembelajaran berbasis Wayang: Konsep dan Aplikasi. CV. Pilar Nusantara.
Imam, Subiyakto. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Di Pesantren Al-Barokah Wal Khoir Pakujati Paguyangan Brebes. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.
Iswanto, Agus, Oetomo, Setyo Boedi, Noviani, Nur Laili, Khalim, Samidi, Atmanto, Nugroho Eko, & Rachmadani, Arnis. (2018). Literasi Al-Quran Siswa Smp Di Jawa Timur. Suhuf, 11(1), 1–28.
Krissandi, Apri Damai Sagita. (2021). Sastra Anak Indonesia. Sanata Dharma University Press.
Larasati, Husna Ayu. (2020). Peran Masyarakat Dalam Peningkatan Baca Tulis Alquran Di Tpa Mta 3 Nu Santren Di Dusun Santren, Muntilan, Magelang.
Nuraini, Dwi. (2023). Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Omeri, Nopan. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Rakhmanina, Lisa, Melati, Melati, Masitah, Siti, & Marita, Yosi. (2024). Workshop Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sman 1 Kota Bengkulu: Dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Proficio, 5(1), 344–350.
Sa’umi, Suci. (2018). Implementasi Kurikulum Mandiri Terpadu di Pondok Pesantren Pendidikan Islam (PPPI) Miftahussalam Banyumas. IAIN Purwokerto.
Suryanto, Edy, & Waluyo, Budi. (2017). Pembelajaran apresiasi cerita rakyat bermedia wayang kancil. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 66–78.
Trisnasasti, Ajeng. (2020). Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Nusantara. Journal of Language Learning and Research, 3(2), 99–106.
Winarsih, Tri, & Martani, Wisjnu. (2018). Storytelling using wayang kancil to enhance the understanding of prosocial behavior for preschool children. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1).