Penyuluhan Tentang Peluang Usaha Baru Melalui Penerapan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Di Desa Pemakuan
Main Article Content
Desa Pemakuan, yang berada di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, dikenal sebagai penghasil sagu dengan luas wilayah 3,05 km². Produk olahan sagu dari desa ini biasanya dipasarkan secara tradisional di pasar Martapura, Banjarbaru, dan Banjarmasin. Metode penjualan yang terbatas ini menyebabkan produk hanya dikenal oleh pembeli yang datang langsung ke pasar, yang pada akhirnya tidak berdampak signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM setempat. Meskipun bahan baku sagu melimpah, dibutuhkan inovasi dalam produksi. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah pelatihan peluang usaha baru melalui digital marketing untuk membantu UMKM Basamaan di Desa Pemakuan memperluas jangkauan pasar mereka, baik secara online maupun offline, dengan harapan dapat meningkatkan keuntungan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara langsung dengan melibatkan pelaku UMKM Basamaan, di mana mereka dilatih untuk menerapkan digital marketing melalui platform media sosial seperti Whatsapp, Twitter, Instagram, Facebook, dan marketplace, serta membuat video menarik dengan bantuan seorang blogger untuk memperkenalkan produk mereka. Hasil dari kegiatan ini adalah pembuatan website oleh perwakilan masyarakat Desa Pemakuan, yang menampilkan pemasaran produk-produk sagu mereka, baik yang masih mentah maupun yang sudah diolah.
Hasan, Muhammad, Dzakiyyah, Aisyah, Kumalasari, Diah Ayu, Safira, Nabela, & Aini, Sri Nur. (2021). Transformasi digital umkm sektor kuliner di kelurahan jatinegara, jakarta timur. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(2), 135–150.
Hendarsyah, Decky. (2020). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43.
Hendrawan, Andi. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk umkm asti gauri di kecamatan bantarsari cilacaP. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50–61.
Jaelani, Jaelani, & Suhaemi, Babay. (2021). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Di Desa Rancabango Pada Masa Pandemi Covid-19. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(23), 99–121.
Purwana, Dedi, Rahmi, R., & Aditya, Shandy. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Rahayu, Sri, Al Muhairah, Novie, & Nazipawati, Nazipawati. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada Masa Pandemi COVID 19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2217–2230.
Saefuloh, Deddy. (2020). Rekognisi terhadap peluang bisnis online melalui media sosial dan hubungannya dengan minat berwirausaha: studi kasus mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(1), 12–23.
Sandora, Meri, & Permadani, Via Ayu. (2021). Pengaruh pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Xyz rokan hulu provinsi riau. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 12(4), 454–467.
Septiana, Risca Afrilia. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online dan Personal Selling Guna Menciptakan Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Make Over Di Bravo Supermarket.
Sulaksono, Juli. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47.
Suryani, Ita. (2014). Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk dan potensi Indonesia dalam upaya mendukung ASEAN community 2015.(Studi Sosial media marketing pada twitter kemenparekraf ri dan facebook disparbud provinsi jawa barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138.
Utami, Sulistyo Seti, & Aini, Nur. (2019). Pemanfaatan E-commerce dalam upaya meningkatkan penjualan produk handycraft mama Art Deco. Intervensi Komunitas, 1(1), 21–32.
Vernia, Dellia Mila. (2017). Peranan Pendidikan dan Pelatihan Media Sosial dalam Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(2).
Widyaningrum, Premi Wahyu. (2016). Peran media sosial sebagai strategi pemasaran pada sewa kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, 2(2), 230–257.
Yacub, Rudi, & Mustajab, Wahyu. (2020). Analisis pengaruh pemasaran digital (digital marketing) terhadap brand awareness pada e-commerce. Jurnal Manajerial, 12(2), 198.