Upaya Peningkatan Kapasitas Santri Husada Sebagai Peer-Educator Pencegahan Penyakit Menular Di Pondok Pesantren Nurul Ulum Putri Kota Malang

Main Article Content

Ardhiyanti Puspita Ratna
Universitas Negeri Malang
Tisnalia Merdya Andyastanti
Universitas Negeri Malang
Karina Nilasari
Universitas Negeri Malang
Hilma Tsurayya
Universitas Negeri Malang

Penyakit menular seperti skabies, konjungtivitis, flu, dan TBC merupakan permasalahan kesehatan yang kerap terjadi di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Ulum Putri Kota Malang. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman santri mengenai cara pencegahan penyakit dan belum optimalnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader Santri Husada sebagai pendidik sebaya dalam pencegahan penyakit menular. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang meliputi tahapan identifikasi masalah, pelatihan, aksi lapangan, serta evaluasi berkelanjutan. Sebanyak 52 Santri Husada diberikan pelatihan kesehatan melalui metode diskusi kelompok dan praktek lapangan selama empat bulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan kader Santri Husada, dengan rata-rata nilai pengetahuan naik dari 60,87 sebelum pelatihan menjadi 82,31 setelah pelatihan. Selain itu, terjadi perubahan sikap positif, di mana persentase santri yang mendukung peran PHBS meningkat menjadi 63% dan sangat mendukung 29%. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan peer educator efektif dalam mempromosikan kesehatan di lingkungan pesantren dan dapat diadopsi sebagai model pemberdayaan kesehatan di pesantren lainnya di Indonesia.


Keywords: Santri husada;, peer educator;, pencegahan penyakit;, promosi Kesehatan;, penyakit menular;, pondok pesantren
Abidin, Z. (2023). Manajemen Pelayanan Kesehatan Berbasis Pesantren Melalui Santri Husada. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 460–472.
Azizah, N. R., Indra Puspikawati, S., Oktanova, M. A., Kesehatan, D. G., & Masyarakat, K. (2018). Inspeksi Kesehatan Lingkungan Sekolah Dasar di Kabupaten Banyuwangi (Vol. 2, Edisi 1). Http://E-Journal.Unair.Ac.Id/Jphrecode
Borzou, SR, Rasoli, M., Khalili, Z., & Tapak, L. (2020). Perbandingan Diskusi Kelompok Dan Mengajarkan Kembali Pendidikan Selfcare Efek Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Kinerja Pasien Hemodialisis. Nefro-Urologi Bulanan, 12(3). Https://Doi.Org/10.5812/Numonthly.105938
Endar T, Saifudin, IM Moh. Y., Rahmayanti, ID, & Oktavianto, E. (2021). Hubungan Pengetahuan Premenstrual Syndrome Dengan Tingkat Kecemasan Pada Remaja Putri Di Sd Negeri Kauman Dan Sd Negeri Pungkuran Pleret Bantul Yogyakarta. Dalam Jurnal Keperawatan Lanjutan Dan Ilmu Kesehatan (Vol. 2, Edisi 1).
Fanaqi, C., Nurkalam, F., Ayuning Tias, D., Dwi Syahputri, S., & Octaviani, N. (2020). Komunikasi Kesehatan Bagi Pelajar Dengan Pendekatan Peer Education. Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.35912/Jpm.V1i1.62
Fidianingsih, I. (2020). Pelatihan dan Diskusi Motivasi Luar Ruangan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Terhadap Merokok. Jurnal Pendidikan, Kesehatan Dan Psikologi Komunitas, 9(3).
Indah Nurfazriah, & Ayuni Hartati. (2023). Efektivitas promosi kesehatan dengan metode peer education terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri Tentang dampak pernikahan dini di smpn 5 cilegon. Diagnosa: Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Keperawatan, 1(3), 306–318. Https://Doi.Org/10.59581/Diagnosa-Widyakarya.V1i3.1292
Indriati, I., Setyowati, T., & Abidin, M. Z. (2019). Efektivitas Promosi Kesehatan Dalam Mengurangi Skabies Di Pondok Pesantren. Jurnal Praktek Keperawatan, 3(1), 8–13. Https://Doi.Org/10.30994/Jnp.V3i1.60
Mas'ud, M. (2023). Model Relasi Pondok Pesantren Dan Pemerintah Daerah Dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat. Dalam Joedu : Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 02, Edisi 01).
Mulyadi, E., Oktavianisya, N., Gabriella, G., Imaniyah, I., Suraying, S., & Muhith, A. (2020). Sekolah Asrama yang menyediakan layanan kesehatan mental berbasis masyarakat. Prosiding Prosiding Konferensi Internasional ke-1 Tentang Bisnis, Hukum dan Pedagogi, Icblp 2019, 13-15 Februari 2019, Sidoarjo, Indonesia. Https://Doi.Org/10.4108/Eai.13-2-2019.2286499
Natassa, SE, Siregar, D., & Putra Armidin, R. (2022). Habitasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Pencegahan Covid-19 Di Pondok Pesantren Al-Husna Marindal. Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 483–490.
Nurlita, D., Abdul Rahman, A., Farmasi, J., & Kesehatan Kemenkes Tasikmalaya, P. (2022). Peran Pos Kesehatan Pesantren Pada Pencegahan Kejadian Scabies Di Pondok Pesantren (Studi Kualitatif) Peran Pos Kesehatan Pesantren Pencegahan Penyakit Kudis Di Pondok Pesantren (Studi Kualitatif). Dalam Jurnal Kesehatan (Vol. 13, Edisi 1). Daring. Http://Ejurnal.Poltekkes-Tjk.Ac.Id/Index.Php/Jk
Rahmati, R., Khadivzadeh, T., & Esmaily, H. (2020). Perbandingan Pengaruh Dua Metode Pelatihan (Webinar Dan Diskusi Kelompok) Terhadap Peningkatan Sikap Dan Kinerja Tenaga Kesehatan Dalam Memberikan Konseling Dengan Pendekatan Promosi Kesuburan. Jurnal Pendidikan Dan Promosi Kesehatan, 9(1), 280. Https://Doi.Org/10.4103/Jehp.Jehp_134_20
Rosya1, E., Wahyuni2, Y., Sari3, W., Ilmu-Ilmu Kesehatan, F., & Keperawatan, S. (2021). Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat Tahun 2021 Literacy Resiko Kejadian Tuberculosis Paru (Tbc Paru) Pada Siswa Pondok Pesantren Asshiddiqiah Kedoya Utara Tahun 2020.
Sari, CK (2022). Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat Pada Pos Kesehatan Pondok Pesantren. Jurnal Riset Kesehatan Global Indonesia, 4(1), 9–14. Https://Doi.Org/10.37287/Ijghr.V4i1.783
Setiawan, H., Anisa Firdaus, F., Ariyanto, H., Nantia Khaerunnisa, R., & Muhammadiyah Ciamis, Stik. (2020). Pendidikan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Pondok Pesantren (Vol. 1, Edisi 3). Https://Madaniya.Pustaka.My.Id/Journals/Contents/Article/View/22
Uun Nurjanah, Syamsiah, N., & Suryanto, Y. (2023). Pengaruh Pelatihan Terhadap Pengetahuan Dan Self Efficacypeserta Pelatihan Penanganan Kegawatdaruratan Berbasis Rumah Tangga Di Karawang. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 218–221.