Analisis Keputusan Masyarakat Menabung di Bank Syariah dan Bank Konvensional

Main Article Content

Lena Ahdiani Hayati
Fakultas Ilmu Keislaman, Universitas Islam Al Ihya Kuningan
Eva Siti Ropiah
Fakultas Ilmu Keislaman, Universitas Islam Al Ihya Kuningan

Perbankan dalam kehidupan suatu negara adalah salah satu agen pembangunan (agent of development). Hal ini di karenakan adanya fungsi utama dari perbankan itu sendiri sebagai lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk kredit atau pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan masyarakat tentang Bank Syariah dan Bank Konvensional, juga untuk mengetahui faktor apa saja yang melatarbelakangi masyarakat menabung di Bank Syariah dan Bank Konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik untuk mengambil sampel adalah purposive sampling, yaitu cara pengambilan sampel dimana sampel merupakan orang yang terpilih betul yang memiliki kriteria khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang Bank Syariah dan Bank Konvensional sudah berada pada tingkatan paham. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat menabung di bank syariah dan bank konvensional yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang meliputi pekerjaan, sedangkan faktor eksternal meliputi lokasi dan ketidaktertarikan. Terdapat dua faktor yang melatarbelakangi masyarakat menabung di bank syariah dan bank konvensional yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi syarat pekerjaan, sedangkan faktor eksternal meliputi Lokasi dan tidak tertarik


Keywords: keputusan, menabung, bank syariah, bank konvensional
Ahsan, Khilda Fauziah. (N.D.). Keberadaan Industri Besar Kaitannya Dengan Peningkatan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Selajambe Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur.

Al Musafiri, M. Rizqon. (2017). Analisis Persepsi Dan Sikap Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pemilihan Tabungan Berbasis Syariah Di Iaida Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Istiqro, 3(2), 1–17.

Anriyan, Reski. (2022). Implementasi Penilaian Pembiayaan Nasabah Umkm Di Bsi Syariah Kantor Cabang Pembantu Bengkalis. Politeknik Negeri Bengkalis.

Anshori, Abdul Ghofur. (2009). Lembaga Kenotariatan Indonesia: Perspektif Hukum Dan Etika. Uii Press.

Armella, Rega. (N.D.). Hubungan Persepsi Dan Preferensi Lulusan Slta Terhadap Minat Memilih Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Samarinda.

Budiono, Arief. (2017). Penerapan Prinsip Syariah Pada Lembaga Keuangan Syariah. Law And Justice, 2(1), 54–65.

Ilyas, Rahmat. (2015). Konsep Pembiayaan Dalam Perbankan Syari’ah. Jurnal Penelitian, 9(1).

Khumairah, N. U. R. (2021). Analisis Penggunaan Media Youtube Dalam Meningkatan Minat Menggunakan Keuangan Syariah Di Sulawesi.

Kusumastuti, Erwin. (2020). Hakekat Pendidikan Islam: Konsep Etika Dan Akhlak Menurut Ibn Myskawaih. Jakad Media Publishing.

Lopa, Zulfadhli Lutfi A., & Manggu, Sri Astuty Ratnasari. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Dan Preferensi Risiko Masyarakat Di Kabupaten Majene Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal. Neraca, 14(2), 17–34.

Manggu, Sri Astuty Ratnasari, & Dalif, Dalifmanggu, Sri Astuty Ratnasari, & Dalif, Dalif. (2019). (2019). Kualitas Hidup Anak Sindrom Nefrotik Di Poli Anak Rsud Majene. J-Hest Journal Of Health Education Economics Science And Technology, 2(1), 16–21.

Nur, Kayati. (2018). Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa Tentang Hukum Dan Produk Perbankan Syariah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Muamalah Iain Ponorogo). Iain Ponorogo.

Ridawati, Mujiatun, & Ag, Ratnawati M. (2020). Perkembangan Perbankan Syari’ah. El_Huda, Iai Qomarul Huda Bagu Ntb, 11(2), 56–70.

Sagantha, Fitri. (2021). Pengaruh Inflasi Dan Ihsg Terhadap Net Asset Value Reksa Dana Syariah. Journal Of Islamic Accounting Competency, 1(1), 17–31.

Syukron, Ali. (2013). Dinamika Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Economic: Journal Of Economic And Islamic Law, 3(2), 28–53.

Usanti, Trisadini P., & Shomad, Abd. (2022). Transaksi Bank Syariah. Bumi Aksara