Pengaruh Blended Learning, Media Pembelajaran, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Ni Made Viriyani Asih
Universitas Budi Luhur

Pandemi adalah penyakit yang menyebar luas misalnya di beberapa benua atau di seluruh dunia. Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna mengurangi angka kenaikan pasien positif Covid-19 dan korban meninggal akibatnya. Program vaksin yang dilakukan secara berkala untuk melindungi seluruh komponen masyarakat dari pandemi Covid-19 ini adalah salah satunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Blended Learning, Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SDS Narada. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 6 yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala model likert yang diolah dengan software Microsoft Excel 2019 dan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan blended learning, media pembelajaran, dan motivasi belajar berpengaruh positif dengan nilai persentase 96,4%. Hal ini menunjukkan bahwa blended learning, media pembelajaran, dan motivasi belajar berpengaruh kuat terhadap hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa secara parsial, blended learning berpengaruh positif dengan nilai persentase 9,2% dan berpengaruh kuat terhadap hasil belajar siswa kelas 6 pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Media pembelajaran berpengaruh positif dengan nilai persentase 74,5% dan berpengaruh kuat terhadap hasil belajar siswa kelas 6 pada mata pelajaran Bahasa Inggris


Keywords: blended learning, media pembelajaran, motivasi belajar, dan hasil belajar
Bainus, Arry, & Rachman, Junita Budi. (2020). Pandemi Penyakit Menular (Covid-19) Hubungan Internasional. Intermestic: Journal of International Studies, 4(2), 111–123.

Butarbutar, Abdul Hakin, & Rasyid, Muhammad. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Menggunakan Strategi Pembelajaran (PBL) dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Siswa Kelas XI TIPTL SML Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 19(2).

Fitri, Ridha Ahsanul, Adnan, Fachri, & Irdamurni, Irdamurni. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101.

Huda, Asrul, Kom, S., Kom, M., Almasri, M. T., Azhar, Nelda, Wulansari, Rizky Ema, Mubai, Akrimullah, Sakti, Rizki Hardian, & Firdaus, S. Pd. (2020). Media Animasi Digital Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill). UNP PRESS.

Khaira, Hafizatul. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 39–44. FBS Unimed Press.

Mursid, R., & Yulia, Erma. (2019). Pengembangan pembelajaran dalam teknologi pendidikan di era ri 4.0.

Mustakim, Mustakim. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Rerung, Nensy, Sinon, Iriwi L. S., & Widyaningsih, Sri Wahyu. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.

Rian El Kharis, S. P. (2022). STRATEGI PEMERINTAH KOTA MANADO DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MENGHADAPI PANDEMI COVID-19. JURNAL POLITICO, 11(2), 67–82.

Sanjaya, H. Wina. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media.

Suhandoyo, Guntur, & Wijayanti, Pradnyo. (n.d.). Arikunto, Suharsimi. 2015. Choices, 16, 269–291.

Susanti, Dewi Indah, & Prameswari, Jatut Yoga. (2020). Adaptasi Blended Learning di Masa Pandemi COVID-19 untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Lingua Susastra, 1(2), 50–61.

TarsitoTarsito, Sugiyono. (2014). (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Zebua, Erlinda, & Harefa, Anugerah Tatema. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 251–262