Sosialisasi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi 21’st Century
Main Article Content
Menghadapi Tantangan- tantangan 21’st Century. Keterampilan abad ke-21 menjadi topik yang banyak dibicarakan. siswa/siswi SM.K Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai sosialisasi tentang tantangan-tantangan dalam menghadapi 21’st century di SMK 1 Maluku Barat Daya telah terlaksana dengan baik..Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai sosialisasi tentang tantangan-tantangan dalam menghadapi 21’st century di SMK 1 Maluku Barat Daya mendapatkan respon yang antusias dari para siswa/siswi SMK 1 Maluku Barat Daya..Didapatkan 3 pertanyaan dari peserta sosialisasi (siswa/siswi) terkait materi sosialisasi dan siswa/siswi di sekolah tersebut mengharapkan ada kegiatan sosialisasi kembali terkait kompetensi pada era society 5.0. Kegiatan pengabdian seperti ini dapat dilakukan secara rutin baik di lokasi yang sama maupun di lokasi yang berbeda dengan sasaran siswa dan siswi yang benar-benar sosialisasi tentang kompetensi yang dimiliki
Amel Fitriani, Ayu Kartini, Mita Maulani, Prihantini., & (2022). Peran Guru dan Strategi Pembelajaran dalam Memenuhi Kompetensi Siswa Abad 21. Vol. 6(No. 2), 16491-16498.
Danu Eko Agustinovaa, S., & Leo Agung Sutimin, H. P. (2022). Urgensi Keterampilan 4C Abad ke-21 dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 19(No. 1), 49-60.
Deviastri, L., & Annisa, I. T. (2022). Peran Inovasi, Kolaborasi dan Media Sosial terhadap Kinerja Usaha UMKM di DKI Jakarta. Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS), 3(1), 52-63. https://doi.org/10.33476/jobs.v3i1.2472
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63-72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963
Mashudi. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Ilmiah Penidikan Islam, Vol. 4(No. 1), 93-114.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 13(No.1), 2239-2253.
Riska Dwi Rahma Putri, Titik Ratnasari, Desnia Trimadani, H., & Elvira Nathalia Husna, W. Y. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and educational Jurnal, Vol. 1(No. 2).
Sri Muryati, Titik Sudiatmi, & Saptomo, S. W. (2022). Stimulasi Keterampilan Abad Ke-21 bagi Siswa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia. Klitika: Jurnal Ilmiah pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 4(No. 1), 51-58.
Supriatna, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(2). https://doi.org/10.17509/historia.v2i2.16629
Waode Hamsia, V. A. C. E., Kunti Dian Ayu Afian, Wardah Suweleh, Naili Sa’ida, Meirza Nanda Faradita, Gusmaniarti, Magda Almadina, Nina Veronica, Sofi Yunianti, Idhoofiyatul Fatin, Tri Kurniawati, Holy Ichda Wahyuni, Ade Firmannandya, Gusti Nur Hafifah, Yuni Gayatri, Kamaliyah Rahmayati, Wiwi Wikanta, Mulya Fitrah Juniawan, Sitta Amaliyah, Asy’ari, Peni Suharti, Lina Listiana. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21 serta Biodiversitas Indonesia. UM Surabaya.