Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah Tabungan Bima Bank Jateng Cabang Purwodadi

Main Article Content

Safnudi Pramudoyo
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubank
Endang Tjahjaningsih
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubank

Usaha Dagang (UD) toko Cemal Cemil yang bergerak di bidang manufaktur dengan produk yang dipasarkan adalah jajanan dan mainan tahun 80an hingga tahun 2000 semakin menurun tiap tahunnya. Dengan perkembangan zaman yang semakin moderen banyak bermunculan mainan-mainan masa kini sehingga memberikan persaingan yang sangat ketat bagi usaha mainan dan makanan tempo dulu yang sejenis terutama bagi UD. Cemal Cemil, oleh karena itu kondisi ini dapat mengakibatkan penurunan penjuaalan dan berkurangnya kepercayaan konsumen terhadap produk UD. Cemal Cemil. Dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis yang merupakan salah satu metode untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis perusahaan dapat melihat seberapa besar tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan yang datang ke toko Cemal Cemil. Dari hasil analisis metode Importance Performance Analysis  tingkat skor rata-rata dari kinerja dan harapan yang dimana nilai total rata-rata kinerja sebesar 42,02 dan harapan sebesar 51,11 kemudian dibagi jumlah item yaitu 12 sehingga didapat data kinerja sebesar 42,02/12 = 3,50 dan harapan sebesar 51,11/12 = 4,26 untuk digunakan sebagai pembatas pada diagram kartesius. Sehingga di dapat data kepuasan pelanggan sebesar 79%, dari perhitungan total jawaban kinerja dari responden, data tersebut didapat dari tingkat total kesesuaian antara kinerja dan harapan.


Keywords: Kepuasan Pelanggan, Importance Performance Analysis, Manajemen Pemasaran
Agarwal, Ira, & Gowda, Kavitha R. (2020). The Effect of Airline Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty in India. Materials Today: Proceedings, (xxxx). https://doi.org/10.1016/j.matpr.2020.06.557

Andreas, Caesar. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Apriyanti, Putri, Surya, Djarsuro, & Lutfi. (2017). Analisis Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank BJB Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2), 159–166.

Arianti, Gusmia, Slamet, Alim Setiawan, & Andrianto, Mokhamad Syaefudin. (2017). Analisis Kepuasan Pelanggan Surat Kabar Harian Pagi Radar Bogor. Kolegial, 3(1), 51–61.

Atmanegara, Stivani Yanti. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Citra Perusahaan , dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonessia, E-ISSN?: 2541-2566, 9(1), 79–89.

Bambang, Bambang, & Wahyudi, Triyono Arief. (2019). Analisis Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 61–70. https://doi.org/10.36407/jmsab.v2i1.49

Edar, Ahmad Fadhli, Asdar, Muhammad, & Munir, Abdul Razak. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Central Asia KCU Makassar. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Pengaruh, 2, 52–63.

Kadic-Maglajlic, Selma, Boso, Nathaniel, & Micevski, Milena. (2018). How Internal Marketing Drive Customer Satisfaction in Matured and Maturing European Markets? Journal of Business Research, 86(September), 291–299. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.09.024

Kasiri, Leila Agha, Guan Cheng, Kenny Teoh, Sambasivan, Murali, & Sidin, Samsinar Md. (2017). Integration of Standardization and Customization: Impact on Service Quality, Customer Satisfaction, and Loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 35(June 2016), 91–97. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.11.007

Lestari, Ani, & Yulianto, Edy. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81.

Novita, Kadek, Dewi, Maharani, Jayawarsa, A. A. Ketut, & Sri, A. A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Sari Jaya Sedana di Klungkung. 2(1).

Octabriyantiningtyas, Dhyna, Suryani, Erma, & Jatmiko, Andriyan Rizki. (2019). Modeling Customer Satisfaction With The Service Quality of E-money in Increasing Profit of PT. Telekomunikasi Indonesia. Procedia Computer Science, 161, 943–950. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.203

Rita, Paulo, Oliveira, Tiago, & Farisa, Almira. (2019). The Impact of E-Service Quality And Customer Satisfaction On Customer Behavior In Online Shopping. Heliyon, 5(10), e02690. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690

Tjahjaningsih, Endang, & Maskur, Ali. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kepuasan Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Loyalitas (Studi Pada Klien Asuransi Prudential Pru Vision Kabupaten Pati). Proceeding Fakultas Ekonomi.